Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Contoh RPP KKPI adalah sbb:
RPP 777 - 007 - 001
Nama Sekolah | : | SMK Negeri 2 Pati |
Mata Pelajaran | : | KKPI |
Kelas/ Semester | : | X / 1 (Gasal) |
Standar Kompetensi | : | Mengoperasikan Personal Computer Stand Alone |
Kompetensi Dasar | : | Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks (DOS) |
Alokasi Waktu | : | 12 x 45 menit ( 6 pertemuan ) |
Pertemuan Ke | : | 1 - 6 |
Indikator | : | 1. Semua komponen penyusun komputer sudah disiapkan untuk kondisi pra penyalaan komputer 2. Penyalaan komputer mengikuti SOP yang berlaku dan dapat digunakan 3. Komputer dioperasikan sesuai dengan SOP yang berlaku 4. Komputer dimatikan sesuai dengan SOP yang berlaku (tanpa error) 5. Sistem operasi siap dioperasikan tanpa error 6. Perintah sistem operasi dioperasikan sesuai dengan kebutuhan dan tanpa error 7. File dan folder dikelola sesuai dengan kebutuhan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan Sistem komponen penyusun komputer secara rinci.
2. Mempersiapkan pra-penyalaan komputer sesuai dengan SOP yang berlaku.
3. Menyalakan computer dan mengamati proses aktifasi system (booting) hingga selesai.
4. Mematikan computer dan mengamati proses de-aktifasi system operasi hingga selesai
5. Memahami perintah system operasi DOS
6. Mengoperasikan system operasi DOS sesuai kebutuhan.
7. Mengelola file dan folder
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Komponen penyusun komputer
2. Persiapan pra-penyalaan komputer.
3. Langkah-langkah menyalakan komputer
4. Langkah-langkah mematikan komputer
5. Mengidentifikasi perintah sistem operasi DOS
6. Langkah-langkah persiapan sistem operasi DOS
7. Jenis/macam-macam perintah sistem operasi DOS
8. Memilih perintah sistem operasi DOS sesuai dengan kebutuhan
9. Cara mengoperasikan perintah sistem operasi DOS
10. Cara pengelolaan file dan folder pada sistem operasi DOS
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Tanya Jawab
4. Peragaan (demonstrasi)
5. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan kegiatan sistem komputer.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi (silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian kegiatan dari masing – masing materi.
b. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang Sistem komputer.
2. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (5 orang) dalam mencari informasi tentang pengertian komputer , sejarah perkembangan komputer dan sistem komputer dari LKS, buku paket maupun modul guru yang ditampilkan pada LCD/monitor.
ELABORASI
1. Mempersilahkan masing – masing ketua kelompok siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan tentang sistem dan bagan komputer.
2. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai sistem komputer.
3. Mempersilahkan seluruh siswa untuk membuat blog diagram sistem komputer.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat merumuskan secara lisan dan tulisan tentang definisi komputer.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan pemecahan masalah dalam menyelesaikan jobsheet.
3. Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium.
c. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan kembali pengertian komputer
2. Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan tentang komputer .
3. Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi dan jobsheet yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4. Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari langkah – langkah persiapan pra penyalaan komputer.
5. Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan kedua ( 2 x 45 menit)
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa kedisplinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa terkait dengan materi dan pengerjaan jobsheet pada pertemuan sebelumnya.
3. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan sistem komputer
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang langkah-langkah persiapan pra penyalaan komputer.
2. Menampilkan modul sistem komputer di LCD/Monitor agar siswa mendapatkan informasi yang tidak terdapat pada buku tentang langkah-langkah menyalakan komputer dan mematikan komputer.
ELABORASI
1. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang langkah-langkah menyalakan dan mematikan komputer.
2. Memfasilitasi dan mengarahkan seorang wakil dari seluruh siswa untuk maju ke depan kelas agar menuliskan langkah-langkah menyalakan komputer dan mematikan komputer sesuai SOP
3. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai langkah-langkah pra penyalaan komputer, menyalakan komputer dan mematikan komputer.
4. Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik menyalakan komputer dan menghidupkan komputer yang baik.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat merumuskan secara lisan dan tulisan tentang langkah-langkah menyalakan dan mematikan komputer.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan pemecahan masalah dalam menyelesaikan jobsheet.
3. Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium.
c. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan kembali langkah-langkah Pra penyalaan komputer, menyalakan komputer dan mematikan komputer.
2. Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan langkah-langkah menyalakan dan mematikan komputer
3. Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi dan jobsheet yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4. Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari Macam-macam sistem operasi.
5. Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan ketiga ( 2 x 45 menit)
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa terkait dengan materi dan pengerjaan jobsheet pada pertemuan sebelumnya.
3. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan kegiatan Penyalaan dan mematikan komputer.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi sistem operasi berbasis teks (DOS).
2. Menampilkan modul sistem operasi berbasis teks di LCD/Monitor agar siswa mendapatkan informasi yang tidak terdapat pada buku tentang Macam-macam sistem operasi, langkah-langkah persiapan pengoperasian sistem operasi DOS, dan perintah-perintah dalam sistem operasi DOS.
ELABORASI
1. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang sistem operasi DOS.
2. Memfasilitasi dan mengarahkan seorang wakil dari seluruh siswa untuk maju ke depan kelas agar menuliskan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi DOS.
3. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai langkah-langkah pengoperasian sistem operasi DOS, dan perintah-perintah pada sistem operasi DOS.
4. Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik menampilkan seluruh direktori dengan menggunakan sistem operasi berbasis teks.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat merumuskan secara lisan dan tulisan tentang Sistem operasi DOS.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan pemecahan masalah dalam menyelesaikan jobsheet.
3. Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium.
c. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan kembali apa yang di maksud dengan sistem operasi berbais teks (DOS).
2. Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan langkah-langkah menjalankan sistem DOS.
3. Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi dan jobsheet yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4. Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari cara pengelolaan file dan folder pada sistem operasi DOS.
5. Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan keempat ( 2 x 45 menit)
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa terkait dengan materi dan pengerjaan jobsheet pada pertemuan sebelumnya.
3. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan sistem operasi DOS
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang cara mengelola file dan folder pada sistem operasi DOS.
2. Menampilkan modul sistem operasi berbasis teks di LCD/Monitor agar siswa mendapatkan informasi yang tidak terdapat pada buku tentang cara mengelola file dan folder pada sistem operasi DOS
ELABORASI
1. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang cara mengelola file dan folder pada sistem operasi DOS.
2. Memfasilitasi dan mengarahkan seorang wakil dari seluruh siswa untuk maju ke depan kelas agar menuliskan perintah pengelolaan file dan folder
3. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai langkah-langkah pengelolaan file dan folder
4. Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik menampilkan file dan folder, memindah file ke dalam folder .
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat merumuskan secara lisan dan tulisan tentang langkah-langkah pengelolaan file dan folder pada sistem operasi berbasis teks.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan pemecahan masalah dalam menyelesaikan jobsheet.
3. Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium.
c. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan kembali perintah-perintah pengelolaan file dan folder pada sistem operasi DOS
2. Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan fungsi dari perintah-perintah yang ada pada sistem operasi DOS
3. Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi dan jobsheet yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4. Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari macam-macam perintah pada sistem operasi DOS
5. Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan kelima ( 2 x 45 menit)
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa terkait dengan materi dan pengerjaan jobsheet pada pertemuan sebelumnya.
3. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan bermacam – macam Perintah DOS
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang macam-macam Perintah DOS
2. Menampilkan modul sistem operasi berbasis teks di LCD/Monitor agar siswa mendapatkan informasi yang tidak terdapat pada buku tentang macam-macam perintah pada Sistem operasi DOS.
ELABORASI
1. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang fungsi dari macam perintah yang ada pada sistem operasi DOS
2. Memfasilitasi dan mengarahkan seorang wakil dari seluruh siswa untuk maju ke depan kelas agar menuliskan perintah membuat direktori pada sistem operasi DOS
3. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai macam – macam perintah yang ada pada sistem operasi DOS
4. Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik penggunaan perintah perintah yang ada pada sistem operasi DOS.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat merumuskan secara lisan dan tulisan tentang masing-masing perintah DOS
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan pemecahan masalah dalam menyelesaikan jobsheet.
3. Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium.
c. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan kembali fungsi dari masing masing perintah DOS.
2. Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan fungsi dari masing-masing perintah DOS
3. Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi dan jobsheet yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4. Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya adalah melanjutkan praktek penggunaan Perintah-perintah DOS
5. Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan keenam ( 2 x 45 menit)
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan – kesulitan yang dihadapi siswa terkait dengan materi dan pengerjaan jobsheet pada pertemuan sebelumnya.
3. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan bermacam – macam perintah DOS
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang macam-macam Perintah DOS
2. Menampilkan modul sistem operasi berbasis teks di LCD/Monitor agar siswa mendapatkan informasi yang tidak terdapat pada buku tentang macam-macam perintah pada Sistem operasi DOS untuk mengelola sumber daya komputer.
ELABORASI
1. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang fungsi dari macam perintah yang ada pada sistem operasi DOS untuk mengelola sumber daya komputer.
2. Memfasilitasi dan mengarahkan seorang wakil dari seluruh siswa untuk maju ke depan kelas agar menuliskan perintah memindah maupun meng copy file pada sistem operasi DOS
3. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai macam – macam perintah yang ada pada sistem operasi DOS
4. Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik penggunaan perintah perintah yang ada pada sistem operasi DOS.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat merumuskan secara lisan dan tulisan tentang masing-masing perintah DOS
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan pemecahan masalah dalam menyelesaikan jobsheet.
3. Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium.
c. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan kembali fungsi dari masing masing perintah DOS.
2. Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan fungsi dari masing-masing perintah DOS
3. Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi dan jobsheet yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4. Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya adalah test praktek dan tertulis.
5. Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
A. Alat
1. Personal Computer
2. Lcd Proyektor
3. Printer
4. Whiteboard
5. Boardmaker
6. Penghapus
B. Bahan
1. Kertas
C. Sumber Belajar
1. AVIVA LKS KKPI Xa teknik dan non teknik
2. Job sheet (Lembar Kerja Siswa)
Job sheet terlampir
3. Internet (http://www.ilmukomputer.com)
4. Modul system operasi berbasis teks
F. Penilaian
A. Teknik Penilaian
1. Test praktik
2. Test tertulis
B. Bentuk Penilaian
1. Pengamatan
2. Pilihan Ganda
3. Uraian Terbatas
C. Instrumen Penilaian
Naskah soal dan kunci jawaban terlampir
D. Kriteria Penilaian
a. Aspek Yang Dinilai
1. Test Praktik
No | Aspek yang dinilai | Skor Maksimum |
1. 2. 3. | Persiapan Pelaksanaan Pengakhiran | 10 75 15 |
Total nilai | 100 |
Kriteria penilaian praktik secara rinci terlampir
2. Test Tertulis
No | Aspek yang dinilai | Skor Maksimum |
1. 2. | Pilihan Ganda Uraian Terbatas | 40 60 |
Total nilai | 100 |
Kriteria penilaian test tertulis secara rinci terlampir
b. Perhitungan Nilai
1. Test Praktik
Nilai perolehan siswa
2. Test Tertulis
(Nilai perolehan pilihan ganda + nilai perolehan uraian terbatas)
3. Nilai Akhir
(Nilai perolehan praktik x 60%) + (Nilai perolehan tertulis x 40%)
Pati, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs Edy Sudaryanto, MPd Abdul Wahab, S.ST
NIP. 19600805 198403 1 010 NIP. 19841129 201001 1 010
download lengkap rpp kkpi kelas x dapat di klik disini
download lengkap rpp kkpi kelas x dapat di klik disini